Selasa, 26 Juni 2012

Cylinder Head YZ125 untuk Yamaha RXZ – RX-King

Cylinder Head YZ125
Cylinder Head YZ125
:P
Maaf kalau gambar di atas ada logo Ebay-nya.. hehe..
Berburu part motor 2 tak di ebay memang asyik lho. ini bukan pertama kalinya saya belanja part di ebay.
sebelumnya saya pernah membeli beberapa karburator bekas yang unik.
Kemarin saya ikut lelang di ebay untuk membeli cylinder head Yamaha YZ125 tahun tua. Dan saya menang pada lelang itu. Dan minggu depan baru akan saya ambil.
Saya ingat waktu abang saya pernah bilang kalo RX King barunya (pada saat itu tahun 1987) bakal menggunakan head belimbing. Dia bilang itu head gokart yang bikin motor kencang. Dan ternyata setelah saya punya motor sendiri, saya baru tahu itu milik motorcross Yamaha YZ125 tahun tua.
Tahun 1998 saya menggunakan head itu pada Yamaha RZR saya. Head keadaan bekas, yang harus dirubah diameter dan squishnya, karena bekas digunakan di RX King.
Efeknya saat itu terutama pada akselerasi mesin. Memang saya merubah squishnya sedikit atas anjuran bengkel Hen’s (di kebun Jeruk), tapi sesuai pengalaman saya, mesin seakan tidak mengalami overheating sehingga tarikannya tetap bagus. Kekurangannya dibanding head standard terutama pada suara mesin yang jadi agak kasar. Hal itu menurut saya wajar, sebab bentuk headnya memang lebih terbuka, sehingga suara mesin terdengar lebih jelas.
Berikut informasi yang saya dapat dari internet :
- Head jenis ini milik Yamaha YZ berpendingin udara (hingga tahun 1980), yang artinya bisa berkapasitas 100cc, 125cc atau 250cc.
- Bentuknya mengadopsi bentuk head motorcross merk Eropa, seperti Bultaco atau Sachs.
- Yamaha juga menerapkan head jenis ini untuk mesin gokart kompetisinya.
- Untuk Jenis YZ125, headnya berdiameter 55mm (keluaran 76 – 78) dan 56 (keluaran 79-80)
- YZ125 keluaran 79 memiliki kode mesin 2X3, sedangkan yang tahun 78 kode mesinnya 1W1
- Untuk digunakan di RXZ, RZR, RXS, RXK atau RX-King letak bautnya tidak masalah (keluaran 78-80).
- Diameter squish tetap harus disesuaikan untuk RX-King. Untuk RXZ/RZR apabila menggunakan head keluaran tahun 1979 tidak perlu merubah squish.
- Ada dua model squish untuk head ini. yang tahun 1978 ke bawah letak busi agak ke belakang, yang tahun 1979 letak businya tepat di tengah.
- Berita dari pedagang spare part di Indonesia yang menyebutkan head ini milik YZ125 keluaran 1987 tidak benar. Sebab YZ125 keluaran 1987 sudah berpendingin air (radiator).
- Head jenis ini mempunyai pendinginan yang baik.



Head Yamaha YZ125
Head Yamaha YZ125

Sekali lagi saya tidak sabar.. :)
Head saya langsung bayar dan ambil ke tempat penjualnya dua hari setelah saya menang lelang di ebay..
Butuh pengorbanan memang, tapi ini demi RXZ saya yang masih ada di Jakarta.. Akhirnya barang saya dapatkan, dan ternyata barang yang saya dapatkan masih bagus.
Head YZ125 yang saya dapatkan berkode 1w1, yang berarti buatan tahun 1978, dengan posisi busi agak ke belakang.
Seperti pernah saya ceritakan sebelumnya, bahwa saya pernah menggunakan head jenis ini (tapi yang posisi businya center) pada Yamaha RZR saya. Nah sekarang jadi agak bingung jadinya, posisi busi di tengah melawan posisi busi di belakang, yang mana yang bagus ?

Bentuk offset squish Head YZ125 - 1w1
Bentuk offset squish Head YZ125 - 1w1
Setelah saya membaca buku Two stroke performance racing, saya mendapatkan info bahwa head jenis ini awalnya didesain untuk membuat mesin dua tak lebih awet.
Mengapa head jenis ini bisa membuat mesin dua tak lebih awet?
Umumnya mesin dua tak mengalami panas yang berlebih pada sisi lubang buang (exhaust). Panas gas hasil pembakaran yang melewati bagian tersebut bisa mencapai 630 derajat celcius. Apabila gas buang tersebut tidak dengan cepat dibuang, maka umumnya bagian piston pada sisi exhaust akan mengalami panas yang sangat berlebih. Hasil dari panas berlebih tersebut akan membuat piston menjadi mudah aus dan baret, plus ring seher yang cepat aus.
(masih akan diupdate)

2 komentar: