Kamis, 21 Juni 2012

Scorpio…Penerus RX King?


RX King Pensiun Agustus 2008
Menjadikan Si Pio sebagai tunggangan harian memang banyak suka dukanya, namun percayalah lebih banyak sukanya hehehe…nah berhubungan dengan Si Pio, saya ingin berbagi tentang sejarah awal mula dilahirkannya motor ini oleh YMKI. Sumber informasi saya peroleh dari tanya om gugel dan beberapa blog yang khusus membahas tentang motor 4 tak ini.
Motor sport 4 tak ini pada awalnya memang diciptakan untuk menggantikan posisi sang legendaris raja jalanan Yamaha RX King yang telah pensiun Agustus 2008 kemarin. Motor 2 tak fenomenal yang pernah ada di Indonesia. Motor yang memiliki lari dan jambakan khas 2 tak yang seperti setan, makanya banyak yang sangat menyukai tarikan motor ini, bahkan jambret dan penjahat tidak jarang memilih RX King ini sebagai kendaraan “dinas” saat “bekerja” hehehe…
Scorpio Generasi Pertama
Ok, back to topic, Scorpio generasi pertama dibuat sekitar tahun 1996 2002. Diciptakan dengan tongkrongan mirip dengan si raja jalanan plus suspensi monocross, scorpio (tanpa embel-embel Z) memiliki desain lampu depan, sein depan, speedometer hingga tangki yang hampir sama. Diharapkan dengan “wajah” yang mirip dengan RX King dan teknologi mesin lebih canggih (4 tak), konsumen tidak akan berpaling ke motor lain. Namun kenyataan berbicara lain. Scorpio mengalami penjualan yang agak seret.
Akhirnya, YMKI melakukan perubahan di sana-sini dengan motor ini. Mulai dari lampu kotak yang diganti bulan, tangki lebih besar dan nyaman dijepit paha, lampu sein belakang dipisah dengan lampu utama, namun masih sama dengan desain sebelumnya.
New Scorpio Z 2010
Perubahan ini sebenarnya mampu mendongkrak popularitas Scorpio, namun tidak secara signifikan. Di akhir 2010 kemarin, YMKI kembali melakukan ubahan besar-besaran pada produknya ini. Nyaris berbeda dengan scorpio lawas, semua bodi mengalami perubahan, tangki menjadi lebih besar dan macho, lampu depan memiliki desain segi enam dengan lampu senja terpisah di atasnya (banyak yang bilang mirip klingon), suspensi belakang lebih diperkuat dan diberi penyangga sehingga meminimalisir efek ambles (apa iya ambles?). Yang nyaris tidak mengalami perubahan adalah di sektor mesin, dari generasi awal hingga terakhir, mesin scorpio masih sama dengan kubikasi 223 cc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar